My Story

Mahasiswa Baru?

Mahasiswa Baru?

 

Apa yang ada dipikiran anda ketika pertama kali mendengar kata Maba? ya Maba merupakan singkatan beken dari kata Mahasiswa Baru, yang pasti semua orang telah mengetahui apa itu atau siapa itu mahasiswa baru karena semua mahasiswa pasti pernah menyandang kata itu “maba”, baik yang telah lulus, pengajar, Dosen, dll.

Nah agenda awal pra-maba ini biasanya sama, yaitu adanya kegiatan ospek. Ospek merupakan suatu kegiatan yang dikhususkan untuk mahasiswa baru agar mahasiswa baru terseebut lebih mengenal seluk beluk dunia perkuliahan terutama universitas yang akan digunakan sebagai tempatnya menimba ilmu selama masa studinya.

Kegiatan ospek ini pula dilaksanakan berbeda-beda di tiap universitas. salah satunya di Universitas Negeri Yogyakarta. Ospek tahun 2015 ini dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus selama 5 hari. Dengan pembagian 1 hari untuk ospek universitas, 1 hari untuk display unik kegiatan mahasiswa , dan 3 hari untuk ospek fakultas.

Ospek universitas ini merupakan suatu rangkaian ospeek yang diselenggarakan untuk mahasiswa baru seuniversitas, yaitu semua fakultas mengikuti ospek ini bersama-sama dengan tempat yang sama dijadikan satu. Ospek fakultas di uny ini bertujuan lebih mengenalkan tentang uny terutama jajaran birokrasinya. Di acara ini pula dihadiri oleh pak rektor beserta jajarannya. Dan juga yang tidak kalah penting yaitu adanya jargon jargon maupun yelyel yang diteriakkan oleh setiap fakultas. Sehingga suasananya sangat riuh dan penuh gelora.

Untuk ospek hari kedua yaitu display ukm universitas, untuk fakultas MIPA, sudah berada di tribun atas, karena ospek hari pertama kemarin berada di baeah (di bagian lapangan) dari GOR UNY. Masih sama seperti hari sebelumnya, suasana sangat riuh namun lebih kondusif dan juga menggelora penuh semangat. Di hari kedua ini ditampilkan berbagai ukm yang berada di universitas ini. Misalnya saja SAFEL, kewirausahaan, pecinta alam, pramuka, dll. Sangat menarik. Mereka menampilkannya sangat menarik, ada yang menampilkan drama yang diselingi mus8k, dance, action drama, tari, dll.

Nah, untuk ospek yang 3 hari terakhir ini disebut ospek fakultas yakni merupakan rangkain keguatan ospek pula namun kegiatannya dilaksanakan oleh tiap fakultas masing- masing. Dengan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan berbeda pula dari masing-masing fakultas. Dalam waktu tiga hari ini diisi dengan rangkain ospek pada umumnya namun lebih tertuju pada pengenalan lebih menjauh tentang fakultas terutama tntang jurusan. Setiap maba juga akan dikelompokkan menurut jurusannya masing-masing lalu akan diberi pemaparan tentang jurusannya.

Selain itu, juga ditampilkan ukm tingkat fakultas seperti bionic yang merupakan ukm tentang burung, sekrup ukm tentang kesenian, hancala tentang pecinta alam, dll.

Setelah kegiatan ospek ini selesai, para maba masih harus mengikuti serangkaian kegiatan lainnya misalnyantest toefl, ICT.

ICT ini merupakan praktik TIK, pembekalan tentang pembelajaran TIK. Dengan adanya ICT para maba akan lebih mengetahui dan belajar bagaimana cara penggunaan media informasi saat ini untuk kegiatan belajar. Atau disebut E-Learning. Di sini, maba diberi pengetahuan tentang TIK.  Misalnya dengan adanya TIK ini kita dapat mengakses perpustaakaan, mengetahui tentang buku-buku mauapun referensi yang lainnya.  Sehingga sangat mempermudah untuk para mahasiswa agar lebih cepat mengetahui misalnya kesediaan buku ataupun informasi referensi yang lain.

Selain itu, ada pembeljaranu tentang ujian online yang dikerjakan dengan komputer secara online, melakukan kuis, berdiskusi, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 4